Senin, 30 Mei 2011

Cara Convert File System FAT32 ke NTFS dan sebaliknya

| Senin, 30 Mei 2011 | 0 komentar


Kali ane mau sedikit share tentang cara sederhana convert file system FAT32 ke NTFS ataupun sebaliknya. Tapi sebelum melakukannya ada beberapa hal yang lumayan penting yang perlu agan tahu. Yakni mengenai file system itu sendiri.
Buat agan yang pengguna windows mungkin udah tau file system FAT32 dan NTFS. Tapi secara lebih lanjut, apa keunggulan masing-masing file system tersebut dan mana yang lebih bagus ? berikut sedikit gambaran mengenai kedua file sistem tersebut.

1. NTFS
Salah satu hal yang menarik dari file system ini adalah kemampuan journaling-nya. NTFS merupakan satu-satunya file system journaling yang digunakan windows. File system ini akan mencatat setiap perubahan yang terjadi ke dalam jurnal (biasanya berupa log sirkular) sebelum dilakukan perubahan terhadap file system. Hal ini akan sangat berguna apabila komputer tiba-tiba mati secara tidak wajar atau system crash, dengan kemampuan journalingnya maka restore atau recovery data dapat dilakukan secara simple dengan mengulang perubahan dari jurnal dan cepat karena tidak perlu melakukan penelusuran secara menyeluruh pada struktur datanya untuk mencari bagian yang rusak seperti pada file system non-journaling.

Kelebihan lain NTFS :
- ada security-nya
- menggunakan indexed allocation, jadi mendukung random access , kalo mau baca file yang terakhir ya langsung ke akhir jadi tidak perlu nelusurin dari awal
- support enkripsi data
- mendukung kompresi data
- lebih stabil (jarang terjadi hang)

Sekedar tambahan kalau file system ini merupakan default untuk windows NT.


2. FAT32
File system ini merupakan pendahulu dari NTFS. Kelebihan dari file system ini adalah kompatibilitasnya terhadap aplikasi-aplikasi lama, namun sayang masih banyak kekurangan dari file system ini karena tidak ada fitur yang mendukung security, random access dan enkripsi data. Tapi untuk drive yang berukuran kecil (kurang dari 20GB) lebih baik menggunakan FAT32, karena lebih cepat.

Jadi sebagai saran, kalau untuk disk drive yang ukuran besar lebih baik menggunakan NTFS gan karena lebih cepat dan lebih stabil, selain itu file system jornaling yang mampu mengurangi resiko kehilangan data akibat kegagalan sistem. Tapi kalau untuk ukuran drive yang kecil gunakan FAT32.

Format file sistem ini tidak hanya di gunakan untuk drive di computer saja lho, namun juga digunakan untuk drive eksternal seperti flashdisk ataupun harddisk external. Jadi silahkan cek file system yang agan gunakan dengan memilih partisi disk drive kemudian klik kanan dan pilih properties, amati pada bagian file system.

Kalau ingin merubahnya berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk merubah format file system :

1. Menggunakan command prompt
- klik start, kemudian pilih run. Dapat juga dengan menekan kombinasi tombol Windows + R.
- ketik : cmd, kemudian ok
- pada jendela Command Prompt ketik : CONVERT [drive letter]:/FS:NTFS , missal CONVERT E:\FS:NTFS. Maka convert.exe akan merubah partisi menjadi NTFS

2. Saat menginstall widows XP
Setelah selesai mempartisi harddisk, format hardisk menggunakan NTFS dengan memilih opsi “format the partition using the NTFS system(Quick)”.

Itu dulu ya gan infonya . semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggailin comment .. makasii ..

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2011. Petarung Blog . All rights reserved | petarungit.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com