Kamis, 26 Mei 2011

Memperbaiki komputer sering Restart sendiri

| Kamis, 26 Mei 2011 | 1 komentar

Berawal dari komputer temen ane yang bermasalah karena sering Restart sendiri. Ane coba analisa sebenarnya permasalahannya ada dimana. Menurut ane permasalahan tersebut dapat timbul mulai dari Hardware (Perangkat Keras) ataupun dari Software (Perangkat Lunak).
Disini saya akan mencoba untuk "sedikit" membantu memecahkan masalah masalah tersebut.

1. Masalah Hardware
Masalah yang sering kali muncul adalah dari hardware komputer itu sendiri yang tidak cocok / sudah rusak.
contoh kejadian :
a.) Komputer Restart setelah beberapa detik dinyalakan
kemungkinan pertama adalah pada BIOS, karena bios berfungsi sebagai pengatur dan penghubung semua perangkat yang terpasang dalam CPU.
Biasanya pada bios ada pengaturan untuk Auto Off saat CPU dalam keadaan "PANAS" atau suhu yang terlalu tinggi, anda bisa masuk ke dalam bios dengan menekan tombol DELL / F2 (setiap komputer berbeda).
carilah pengaturan tersebut dan sesuaikan. Secara default, komputer akan mati sendiri saat suhu sudah mencapai 80 Derajat Celcius.

Untuk mengatasi "over heat" tersebut, anda diwajibkan untuk rutin membersihkan perangkat CPU dari debu/kotoran lainnya secara berkala.

mungkin juga penyebab restart sendiri ini akibat pengaturan dalam bios yang salah/tidak sesuai, anda dapat mengembalikannya ke default dengan melepas Baterai BIOS/CMOS pada motherboard saat komputer dalam keadaan mati selama beberapa menit kemudian pasang dan nyalakan komputer kembali.

b.) Komputer Restart saat Loading Windows Operating System
Kemungkinan pada masalah ini adalah ketidak cocokan antara perangkat yang digunakan.
untuk mengeceknya anda bisa masuk terlebih dahulu ke dalam Safe Mod, dengan cara menekan tombol F8 secara berulang ketika komputer dinyalakan.
Apabila anda berhasil masuk ke dalam safemod, berarti ada ketidak cocokan antara perangkat dan Driver yang terinstall, pastikan anda menginstall driver versi terbaru dari perangkat tersebut.

kemungkinan juga bisa terletak pada Harddisk yang sudah hampir "tewas" yang terdapat bad sector.
untuk memastikannya, anda bisa memeriksa sektor harddisk tersebut menggunakan bantuan software HDD Regenerator ataupun HIREN.

2. Masalah Software

a.) Driver Perangkat yang tidak sesuai
Biasanya ditandai dengan tampilan yang berubah menjadi BIRU yang disebut "Blue Screen"
b.) VIRUS
Saat virus beroprasi/bekerja. Virus terbagi kedalam beberapa jenis, salah satunya yang beroprasi di sekitar file file penting system operasi dan mengganggu kinerja komputer.

c.) System Failure

d.) Kinerja komputer yang terlalu dipaksakan
kejadian ini seringkali ditemui, sebagai contoh : sebuah komputer yang hanya memiliki spesifikasi rendah alias Low End anda paksakan untuk Editing Video, Rendering , Maupun bermain game yang membutuhkan sebuah komputer yang "perkasa". hal ini dapat menyebabkan Ram, processor, dan perangkat processing lainnya kelebihan muatan sehingga menyebabkan suhu yang terlalu panas. alhasil komputer tersebut langsung loyo.

Mungkin kali ini....cuma ini yang bisa ane tulis gan... semoga bermanfaat buat semuanya...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thx...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2011. Petarung Blog . All rights reserved | petarungit.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com